Ads (728x90)

Cara Berkomentar Yang Baik Di Blog - Menjalin Hubungan Baik dengan Sesama Blogger


Comment Policy
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk Sobat blogger semua. Blogwalking memang telah menjadi suatu kewajiban bagi para blogger jika ingin mendapatkan trafik dan pagerank yang baik, serta menjalin hubungan yang baik dengan sesama blogger. Blogwalking biasanya dilakukan dengan membuat komentar di buku tamu yang telah disediakan atau langsung memberikan komentar pada postingan di blog-blog lain.


Berkaitan dengan komentar pada postingan, banyak sekali blogger-blogger yang belum tau bagaimana cara berkomentar yang baik dan hal-hal apa saja yang harus di hindari dalam berkomentar. Hal ini tidak dapat dibiarkan karena memang ini bukan suatu perbuatan yang baik dan harus di jauhi. Selain karena membuat blog yang di kunjungi menjadi tidak indah karena komentar-komentar yang tidak berbobot tapi ini juga berdampak terhadap si komentator sendiri, karena bisa jadi blognya akan di anggap spam. Nah, berkaitan dengan hal itu saya ingin share beberapa tips/cara untuk berkomentar yang baik. Tanpa banyak basa-basi lagi silahkan simak baik-baik.

Cara Berkomentar Yang Baik di Blog

  • Jangan berkomentar yang menyinggung SARA dan mengandung P*rn*graphy
Hal ini tentu sangat dilarang dan dibenci oleh semua pihak, tidak ada yang membenarkan sedikitpun tentang penyinggungan SARA dan P*rn*graphy.
  • Jangan terlalu banyak meninggalkan komentar dengan nama / anchor text (link)
Jika kita terlalu banyak mempromosikan nama / link didalam sebuah komentar, bisa jadi link tersebut menjadi spam dan nama tersebut menjadi tidak disukai. Jika sobat ingin mempromosikan link sebaiknya menggunakan layanan Social Bookmark saja.
  • Jangan beri nama komentar yang terlalu panjang dan bersifat spammy
Nama komentar yang mengandung link memang sangat bermanfaat untuk membuat linking, akan tetapi jika terlalu panjang malah bersifat spam. Biasanya yang panjang-panjang gini di gunakan buat deep link / halaman yang bukan halaman utama. Asal sobat tau, kalo deep link itu tidak akan berefek besar loh!
  • Jangan menggunakan Caps Lock atau Capitalization saat berkomentar
Membuat komentar dengan huruf besar semua akan membuat pembaca menjadi tidak mood. Asal tau aja ya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penulisan dengan menggunakan CAPITALIZATION tidak pada tempatnya akan membuat hati dan perasaan si pembaca menjadi tidak enak!
  • Jangan menggunakan penekanan dengan huruf tebal dan huruf miring
Biasanya penekanan dengan Bold dan Italic digunakan untuk mengoptimalisasi anchor text. Nah hal ini akan memperjelas bahwa komentar sangat tidak sesuai dengan postingan.
  • Jangan menggunakkan fitur komentar untuk berpromosi
Kalo ini sudah pasti tidak sesuai dengan postingan, malah bertujuan buat mempromosikan produknya. Hal seperti ini yang harus dihindari karena sudah mendapatkan warning dari Search Engine terutama Google.
  • Jangan membuat isi komentar yang di ulang-ulang
Salah satu ciri-ciri spammer adalah membuat komentar yang sama berulang-ulang. Pastinyalah orang males harus bikin komentar-komentar berbeda terus buat nyepam. Ini hal yang pasti akan di anggap spam.
  • Jangan membuat isi komentar yang tidak berkaitan dengan postingan
Komentar yang baik tentunya harus selaras / relevan dengan postingan yang di komentari. Komentar yang baik dapat membuat hubungan yang baik dengan pembuat postingan, yang tentunya akan berefek lebih baik daripada meninggalkan spam.
Nah, itulah beberapa tips / cara berkomentar yang baik di blog yang dapat saya sampaikan. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya karena masih banyak sekali kekurangan pada postingan saya.
Wassalammualaikum wr. wb.

.: Semoga Bermanfaat :.

Posting Komentar

  1. wahh..banyak larangannya juga yaa Gan..harus hati2 jg nih..

    BalasHapus
  2. wah alo begitu ini mesti diperhatikan dengan baik gan untuk berkomentar di blog lain. thanks gan infonya :)

    BalasHapus
  3. Kalo kometar ane spam nih gan, jangan dihapus ya?

    ane juga lagi numpang promosi blog gan.. baru satu bulan....

    Blog ane berisi kumpulan blog-blog yang pasang cbox.. udah terkumpul 300 an blog lebih dan akan terus bertambah...

    salam damai gan...

    BalasHapus
  4. waw mantab, tips baru ni kalau di komentar ada Bold sama Italic, terimakasih sob :)

    BalasHapus
  5. makasih infonya :D
    iya ini lagi menerapkan Blog walking
    biar dapet PR + alexa turun
    hehehe ,

    BalasHapus
  6. oia saya mau nnyak mas.mana yg lebih baik,berkomentar menggunakan name/url atau pke google account??kasi tau alasannya juga ya hehe
    sya tunggu jwbannya

    BalasHapus
  7. thanxs infonya kk
    sangat bermanfaat bagi pemula semacam saya

    BalasHapus
  8. Makasih gan atas infonya..
    Info yang sangat berguna..

    BalasHapus
  9. mksih gan, infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. slm knal, trmksh kang infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Tata krama berkomentar yang sangat bagus dan ini perlu di perhatikan oleh teman-teman yang hendak berkomentar di sebuat situs/blog

    BalasHapus
  12. Tata krama berkomentar yang sangat bagus dan ini perlu di perhatikan oleh teman-teman yang hendak berkomentar di sebuat situs/blog

    BalasHapus
  13. bagus gan ...
    jadi lebih beretika

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.