Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk



Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk

Flashdisk
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk Sobat blogger semua. Seperti yang kita ketahui, flashdisk itu adalah perangkat penyimpanan data (Device Storage) yang ukuran fisiknya kecil namun memiliki kapasitas yang besar. Karena itu flashdisk sangat banyak digunakan di dunia. Namun, kadang kita juga dibuat kesal karena kecepatan transfer data yang lama saat kita menyalin file yang ukurannya cukup besar. Karena itulah saya akan mencoba untuk share bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas transfer data suatu flashdisk.

Dengan cara ini, sobat bisa sedikitnya mempercepat proses transfer data pada flashdisk sobat. Seperti yang kita ketahui kalau format system flashdisk default itu adalah FAT 32 (File Allocation Type). System FAT 32 jika dibandingkan dengan NTFS (New Technology File System) jauh lebih baik NTFS, format system tipe NTFS lebih aman dan stabil serta lebih baik dalam meminimalkan fragmentasi dan unggul dibidang kecepatan. Namun demikian NTFS masih ada sedikit kekurangan, NTFS hanya bisa diakses oleh Windows NT, 2000, XP, Vista dan Seven. Akan sangat sulit diakses, bahkan mungkin tidak dapat diakses sama sekali oleh sistem operasi lain seperti Windows 9x terutama apabila sobat melakukan dualboot system operasi.

Dengan demikian, jika sobat menggunakan sistem operasi yang disebutkan diatas maka langkah terbaik adalah merubah format system flashdisk sobat dari FAT 32 menjadi NTFS. Selain itu flashdisk dapat digunakan dengan dua opsi, yaitu Optimize For Performance (Performanya dioptimalkan) dan Optimize For Quikc Removal (Performanya tidak dioptimalkan agar lebih mudah dalam proses removal). Kalo sobat ingin lebih cepat, solusi terbaik rubah menjadi Optimize For Performance.
Bagi yang belum tau caranya ikutin aja langkah-langkah ini :
  1. Klik kanan pada drive flashdisk sobat kemudian pilih Properties
  2. Pilih opsi tab Hardware
  3. Di kolom All Disk Drives, pilih yang icon flashdisk sobat
  4. Kemudian klik Properties di bagian bawah.
  5. Pilih opsi tab Policies
  6. Pilih yang Optimize For Performance kemudian klik OK.
Kalo mau nge-format flashdisk jangan lupa backup/copy dulu data-data di flash disk ke harddisk, karena setelah diformat data-data yang ada di dalam flashdisk akan terhapus. Kalo buat cara formatnya sendiri tinggal Klik kanan pada drive flashdisk è Klik Format (Pada file system pilih NTFS) è Kemudian klik Start è Sebelumnya akan ada peringatan yang kurang lebih artinya “Apakah anda yakin akan tetap memformat drive ini, jika drive ini di format maka semua data yang tersimpan pada drive ini akan terhapus”, klik saja OK è Baru proses pemformatan akan segera dimulai. Masalah cepat atau lambat proses pemformatan tergantung pada kapasitas data dalam flashdisk dan spec komputer sobat sendiri.

Nah, selesai sudah tutorial tentang Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb. 

.: Semoga Bermanfaat :.


All Password : septiamujizat
Bingung Cara Download...? Baca Disini
Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk Reviewed by Septia Mujizat on Senin, Februari 06, 2012 . Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk Rating: 5.0
Bagikan Artikel ini ke : Facebook Tweet Google+ Linkedin Technorati Digg

15 Komentar: ↑ Ke Konten ↑

  1. nice tips untuk flashdisknya... :D

    BalasHapus
  2. berkunjung gan nice info :)

    BalasHapus
  3. Thanks for Infonya :)

    BalasHapus
  4. nice info gan
    saya coba deh :)

    BalasHapus
  5. gan, Di kolom All Disk Drives, kok nggak ada icon flashdisknya ? mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  6. Nice Info Gan....ane baru tahu ternyata fat atau ntfsnya berpengaruh tohhh....thanx u...

    BalasHapus
  7. Terima kasih, Mas. Bagaimanakah dengan EXT4? Cepat mana dengan NTFS?

    Tolong salinan komentar dikirim juga ke blog saya.

    BalasHapus
  8. asyik.. akhirnya ketemu juga disini.. Thanks yah!

    BalasHapus
  9. tunggu kunjugan balik nya

    www.meteorafire.net

    BalasHapus
  10. blog walking gan. nice share.
    mampir juga ke blog ane
    http://blog.cyber2tech.com
    http://www.cyber2tech.com

    BalasHapus
  11. Semua Konten Sangat2 Muantab...n' Penuh Informatif....,Ok...Support U...!!!! Visit Back..ok..!!!

    BalasHapus
  12. klo flashdisk tetep lambat, apabila sedang menunggu transfer file yg cukup besar silahkan baca2 http://cerbung17.blogspot.com biar ga jenuh ;)

    BalasHapus
  13. mantap gan udah gw praktekin.. kecepatan copy datanya meningkat 2x bahkan terkadang 3x lipat. terimakasih banyak infonya.

    BalasHapus
  14. GAN KECEPATANYA BAGAIKAN KILAT GAN 10000X LIPAT LOOHHH. NICE INFO GAN... GILE LU.... DEMI TUUUHAAAAAAAAAAAAAANNNN

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.

 

Copyright © 2013 · Izzy Search Inc