Ads (728x90)

Tips Dasar Menggunakan Windows 8 - Sistem Operasi Terbaru

Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk Sobat blogger semua. Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi Tips Dasar Menggunakan Windows 8. Microsoft secara resmi merilis sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober lalu. Kita bisa menggunakan Windows 8 versi Enterprise Evaluation yang bisa digunakan secara gratis selama 90 hari.
Windows 8

Start Screen

Ketika Sobat sudah log ini ke Windows 8, Sobat akan melihat Start Screen baru. Di sinilah aplikasi ditampilkan dalam bentuk live tile. Kita bisa membuka aplikasi yang kita suka dengan sentuhan atau klik. 
Start Screen 

Charm Bar

Charm Bar tersembunyi di pojok kanan layar. Ia berisi menu Start, Share, Search, Device, dan Setting. Kita bisa memanggilnya dengan menyapu layar dari kanan ke tengah atau melayangkan mouse di atasnya. Bisa juga dimunculkan dengan keyboard. Caranya tekan Win+C.
Charm Bar

Recent apps di sebelah kiri

Berlawanan dengan Charm bar, di sebelah kiri terletak aplikasi-aplikasi yang baru saja kita buka. Sapu dari kiri ke tengah akan menampilkan aplikasi yang baru saja kita buka. Trik ini juga bisa juga dilakukan dengan mouse. 
Recent apps 

Internet Explorer baru

Internet Explorer 10 yang sudah built-in di dalam Windows 8 sudah menyesuaikan dengan tampilan Metro. IE 10 sudah disetting Do Not Track secara default. Membuka web dengan IE 10 cukup lancar. Tab yang terbuka otomatis tampil full screen, sementara tab lain yang kita buka disembunyikan di bagian atas layar, yang bisa dilihat dengan cara menyapu layar dari atas ke tengah. 
IE 10 

Mencari daftar kontak

Sosialisasi, sinkronisasi, dan berbagi adalah bagian besar dari pengalaman yang ditawarkan Windows 8. Aplikasi People memberikan seluruh informasi mengenai kenalan kita yang diambil dari bermacam layanan, seperti Facebook, Twitter, Yahoo, dan bermacam-macam jejaring sosial lainnya.
People 

Debut Windows Store

Ini merupakan salah satu inovasi paling menyenangkan di Windows 8. Windows Store dikhususkan untuk apps. 
Windows Store

Zoom

Memperbesar tampilan aplikasi yang sedang kita buka kini sangat mudah dilakukan di Windows 8, dengan syarat sudah menggunakan layar sentuh. Layaknya smartphone atau tablet, kita tinggal mencubit layar untuk memperbesar. Jika dengan cara manual bisa juga dilakukan dengan scroll mouse.
Zooming

Desktop Lives

Di Windows 8, antarmuka tradisional seperti di Windows 7 masih bisa kita temukan dengan membuka aplikasi Desktop. Bedanya, tampilan desktop sudah diperkaya dengan fitur khas Windows 8 seperti Charm bar tadi, ditambah keyboard virtual.
Desktop 

Windows Explorer baru

Setelah 20 tahu, Windows Explorer diperbaharui dengan nama File Explorer di Windows 8 yang dilengkapi beberapa fitur baru di tiap library.
File Explorer 

Type to search

Bingung ingin mencari menu tertentu? Di Windows 8 Anda tinggal mengetik saja apa pun yang ingin Anda cari dari menu Search pada Charm bar, dan jreengg...hasilnya akan keluar seketika. 
Search

Atur Apps sesuka hati

Anda bisa menggunakan klik kanan untuk mengatur aplikasi sesuka Anda. Pengaturan lebih mudah lagi jika menggunakan layar sentuh, layaknya menggunakan tablet dan  smartphone.
Apps
Nah, hanya ini yang dapat saya sampaikan tentang Tips Dasar Menggunakan Windows 8, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

.: Semoga Bermanfaat :.

Posting Komentar

  1. pernah nyoba window 8, eh..
    mo matiin laptop aj susah, akhirnya balik lg deh ke window xp,hehe..
    emang susah di bawa modern.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau matiin, pointer dipojokin sebelah kanan bawah ato atas, maka keluar pilihan search, share, start, device, sama setting. pilih setting, maka keluar pilihan power. pilih power lalu pilih shut down

      Hapus
  2. Saya belum menggunakan sistem operasi dari microsoft windows yg satu ini sob jadi saya belum bisa terlalu banyak bicara tentang windows 8 ini. Tapi thankslah artinya sebelum menggunakan windows ini untuk lebih jauh lagi, kan lebih bagus kalau ada pemahaman dulu sebelum menggunakannya kan. Salam kenal ya sob...

    BalasHapus
  3. sekedar mampir kemari kawan :)

    #Salam Sehat :D

    BalasHapus
  4. cara men-disable semua apps & apps-store d win 8 gmn carany ya? d t4ku nyedot bandwidth banyak jd boros pulsa :(
    maklum msh mhasiswa msti hemat

    BalasHapus
  5. saya masih pakai xp. tapi boleh juga nih info buat jaga-jaga kalau nanti pakai windows 8.

    BalasHapus
  6. nice share.. mau nyoba ganti windows 8 ni. tapi ragu-ragu.. :) but thanks for your information.. :)

    BalasHapus
  7. q msih pake windows seven e sob

    BalasHapus
  8. saya sudah pakai W8, tpi bingung gmna makenya, hmmm

    BalasHapus
  9. saya sudah pakai W8, tp bingung ngoprasiinnya, gmna ya, mau ta ganti ke W7 tp ragu2, pengin tetep d W8, but, W8 masih blum bisa, hmmm

    BalasHapus
  10. terimakasih informasinya.. saya sudah cari cari tapi belum ada yang di mengerti akhirnya saya temukan juga yang mudah saya pahami

    BalasHapus
  11. saya sudah pakek WIN8
    kalau boleh tanya
    kakak tau nggak tempat search untuk ngesearch seperti dxdiag dan lain2 di WIN8 ?

    BalasHapus
  12. wah ni bermanfaat juga bwat sya yg msih win.7 tp pngen jg sih jdi win.8 tp pke laptop tmen agak bingung,,,mau buka paint buat edit gambar yg di masukan ke blog saya jdi agak bingung,,
    heehe ms tau tdak tmpatnya paint di win.8..??

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.