Ads (728x90)

Cara Merawat Baterai Laptop yang Baik dan Benar

Baterai Laptop
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips sederhana tentang "Cara Merawat Baterai Laptop yang Baik dan Benar". Baterai laptop (notebook/netbook) adalah komponen penting yang terdapat pada laptop, tentunya karena baterai laptop adalah catu daya (power supply) laptop. Walaupun baterai laptop ini adalah komponen yang penting namun masih banyak yang kurang peduli dengan baterai tersebut.

Kalau baterai rusak tentunya gak bisa jalan itu laptop kecuali kalo sambil di charge. Memang bisa jalan tapi sangat beresiko, contohnya kalo charger-nya kecabut otomatis laptopnya akan mati dan bisa menyebabkan harddisk menjadi bad sector. Kalau harddisk udah bad sector mau ngapain lagi coba? Nah makanya disini saya mencoba share bagaimana cara merawat baterai laptop yang baik dan benar.

Cara-Cara Merawat Baterai Laptop yang Baik dan Benar

1. Jangan mematikan laptop dalam kondisi baterai < 40%

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai. Untuk penjelasan lebih lanjutnya saya juga belum tau kenapa, yang pasti ilmu ini saya dapatkan dari internet :D

2. Jangan charge hingga kepenuhan saat laptop mati

Melakukan charging sampai baterai kepenuhan terbukti menyebabkan lama daya tahan baterai berkurang. Secara teknis memang saya juga belum tahu pasti tapi sudah saya buktikan dan banyak juga teman-teman saya yang sudah membuktikannya. Terutama kebiasaan men-charge laptop kemudian ditinggal tidur dan pagi-pagi setelah kita bangun led baterai laptop udah pertanda penuh. Memang sepertinya biasa aja, tapi dampaknya bakalan luar biasa.

3. Jangan lepas baterai ketika laptop dihidupkan

  • Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama aja dengan kerusakan pada laptop keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai (namanya juga gak dipakai, ya pasti awet itu baterai)
  • Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat aman bagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak.
*Jadi saya sarankan agar tidak melepas baterai saat menggunakan laptop.

4. Lepas baterai laptop jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu lama (> 24 jam)

5. Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default)

*Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat, berikut adalah caranya:
  • Charge laptop sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari digunakan lepi buat aktifitas
  • Aktifkan system hibernate
  • Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai lepi udah habis (critical battery)
  • Gunakan lepi dengan aktifitas-aktifitas sobat dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate dilakukan
  • Selama hibernate diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap
  • Setelah 8 jam, charge laptop selama sampai penuh namun laptop dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan)
*Tambahan :
Gunakan software battery care agar tidak perlu repot-repot menghitung berapa kali kita men-charge baterai laptop. Karena software ini akan mencatatnya hingga looping ke berapa kita men-charge baterai laptop.
Nah, selesai sudah postingan saya kali ini tentang Cara Merawat Baterai Laptop yang Baik dan Benar, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas kunjungan dan atensinya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Posting Komentar

  1. thanks sob,, jaga baik2 dah,, penting banget soalnya klo bterei laptop tuh

    BalasHapus
  2. makasih banyak ya gan buat infonya-infonya....

    BalasHapus
  3. Oh gitu tipsnya sangat berguna nih salam kenal gan moga sukses trus...

    BalasHapus
  4. Oh gitu caranya sangat bermanfaat nih moga sukses trus....

    BalasHapus
  5. Dicharge hingga kepenuhan saat
    laptop mati bisa Memperpendek masa pakai baterainya , aPa itu benar , apa sebabnya ?

    BalasHapus
  6. Coba aja sobat isi sebuah bak tertutup dengan air menggunakan selang hingga kepenuhan, pasti bisa nenyebabkan kerusakan pada bak. Tapi kalo baknya setidaknya ada lubang pasti ada sedikit celah untuk air keluar, walaupun tetap bisa menyebabkan kerusakan tapi lebih kecil.
    Nah itu tadi penganalogian antara baterai di charge kepenuhan saat mati atau nyala, walaupun sebenarnya kalo nyala bisa aja otomatis saat penuh charging-nya berhenti. Itu menurut saya pribadi, lengkapnya silahkan tanya kepada yang lebih ahli. Terimakasih

    BalasHapus
  7. Lengkap Banget tutorialnya . Okey akan aku ikuti tips dan sarannya .. Makasih

    BalasHapus
  8. itu kalau mode acnya sudah tidak berfungsi dengan baik. solusi untuk memperbaiki mode acnya seperti apa? apa ganti laptop atau di service?
    mohon untuk di jawab.
    terima kasih.

    BalasHapus
  9. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik Dan Benar adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... Teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  10. system hibernate itu apa yah gan?

    BalasHapus
  11. terlambat sudah..
    batteray ane udh matot

    BalasHapus
  12. keren, bermanfaat buat ane nih yang 2x batrei laptopnya soak. thank gan.

    BalasHapus
  13. oiya om denger2 Asus yang keluaran skrng wdah bisa mutusin pengisian battery klo battery wda penuh,,,,jdi gk masalah klo battery di charge ampe full trus di tinggaln maen ato tidur dlu dripada ngecek battery laptop tkut kepenuhan kn mles jga om....hehehaha

    BalasHapus
  14. makasi gan, sangat bermanfaat,,

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.