Ads (728x90)

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Gratis - Get Money from Your Blog!!!

Monetisasi Blog
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih bagi Sobat blogger yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sebuah tips tentang cara-cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging.
Dijaman yang serba digital ini siapa sih yang gak kenal internet? Hanya segelintir orang yang belum mendengar kata internet. Seiring dengan perkembangannya, kini internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana mencari uang. Nah, yang kali ini akan saya jelaskan adalah bagaimana kita mendapatkan uang di internet lewat blog yang kita miliki. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mendapatkan uang dari blog, apalagi jika kita pintar melihat dan memanfaatkan peluang. Tapi disini saya akan share beberapa cara umum yang sering digunakan para blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Nah, bagi yang tertarik silahkan simak pembahasan saya berikut ini.

1. Menjadi Publisher Iklan PPC (Pay Per Click)

     Program PPC adalah salah-satu program yang paling banyak digunakan oleh para blogger dan webmaster untuk mendapatkan uang dari situs atau blog yang mereka miliki. Dengan menjadi publisher program-program PPC, kita harus menampilkan iklan dari penyedia layanan PPC tersebut di blog kita. Kita akan mendapatkan komisi dengan nilai tertentu yang "biasanya" paling kecil itu Rp. 300,- jika ada pengunjung blog kita yang mengklik iklan tersebut. Semakin banyak yang klik iklan tersebut, semakin banyak uang yang bisa Sobat dapatkan. Tapi ingat jangan curang dengan mengklik sendiri iklan-iklan tersebut, karena bisa saja Sobat di banned oleh admin dari layanan PPC tersebut dan pastinya uang yang didapatkan dari kecurangan tidak akan berkah.

Beberapa PPC Asing Paling Terpercaya

  1. Google Adsense Most Recomended!!!
  2. BidVertiser Recomended!!
  3. Chitika

Beberapa PPC Lokal Paling Terpercaya

  1. AdsenseCamp
  2. KlikQ
  3. KumpulBlogger
  4. PPCBlogger
  5. SITTI

      2. Menjadi Publisher AdFly

           Yang sering download-download diinternet pasti dah pada kenal dong sama AdFly? Mungkin diantara kita ada yang bingung, ngapain sih share link download pake harus lewat AdFly segala? Jawabannya adalah karena AdFly ngasih uang ke orang yang nge-share itu link tiap ada yang ngeklik link tersebut. Masih bingung? Untuk AdFly, saya telah menyediakan postingan khusus bin spesial. Silahkan kunjungi post saya berikut ini: Cara Mendapatkan Uang lewat Blog dari AdFly

      3. Mengikuti Program Affiliasi

           Sobat juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara mengikuti program affiliasi, yaiyu "mempromosikan" produk atau layanan pihak ketiga kepada pengunjung blog atau situs Sobat. Jika ada pengunjung blog atau situs Sobat yang melakukan transaksi pembelian melalui link afiliasi dari blog atau situs Sobat, maka Sobat akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu. Komisi yang diberikan program affiliasi tentunya lebih besar dari PPC, namun untuk mendapatkannya tidak semudah program PPC. Banyak sekali orang yang berhasil melalui program affiliasi ini, karena kemampuan dan kemauannya untuk berjuang dan benar-benar menggeluti program ini.

        Beberapa Program Affiliasi Asing Paling Terpercaya

        1. Amazon Associates Most Recomended!!!
          Amazon Associates memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produk dan layanan Amazon.com di blog atau situs Anda. Produk Amazon.com terentang mulai dari buku, games, e-book, furnitur hingga MP3.
        2. Commission Junction
          Commission Junction memberi kesempatan kepada Anda untuk memaksimalkan blog atau situs Anda dengan menjadi affiliate dan "menjual" produk-produk CJ di blog atau situs Anda. Dengan rentang produk yang sangat beragam, Anda bisa memilih sendiri produk yang ingin Anda promosikan.
        3. LinkShare
          LinkShare adalah salah satu program affiliate yang menggunakan teknologi non cookie-based, sehingga menghindarkan Anda dari resiko kerugian akibat kesalahan tracking cookies. Anda bisa menghubungkan link produk LinkShare dengan posting di blog Anda dan mendapatkan imbalan jika pengunjung membeli produk yang Anda promosikan.

          Beberapa Program Afiliasi Lokal Paling Terpercaya

          1. Lazada Affiliate Program
          2. Laku.com
          3. Ekiosku.com

          4. Mengikuti Program PPD (Pay Per Download)

             Dari judulnya saja Sobat pasti mengertikan, layanan Pay Per Download akan membayar para publisher-nya jika ada yang men-download file yang kita upload. Mudah banget kan?
          Contoh: Kita upload file (umpamanya mp3) > kita promosikan link download mp3 tadi di blog kita > ada yang download file tersebut > kita dapat uang deh.

          Nah, salah satu layanan PPD yang saya tau dan sedang saya jalani sekarang adalah TusFiles. Pembayaran TusFiles dilakukan setiap tanggal 15 per bulan, melalui Payza, Perfect Money, Webmoney dan Wire Transfer, dan Payoneer. Bagi yang ingin mencoba silahkan, silahkan lakukan pendaftaran disini.

          5. Mengikuti Program PPL (Pay Per Lead)

               Program Pay Per Lead adalah suatu program yang diberikan oleh suatu situs yang akan membayar kita setiap kita dapat mengajak seseorang untuk bergabung dengan situs tersebut. Program ini cukup mudah untuk dilakukan, kita cukup memposting sebuah artikel yang mereferensikan situs tersebut kepada pengunjung di blog kita. Salah satu program PPL yang sedang saya jalani dari dulu dan masih berjalan sampai sekarang adalah Payoneer (Recomended!!!), IndoBoClub dan  KomisiGratis.

          6. Menjual Spot Iklan Mandiri

               Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Sobat adalah pilihan lain monetisasi blog yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Sobat cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil. Saya sendiri mendapatkan hasil yang cukup lumayan dari menjual spot iklan mandiri di blog saya.

          7. Menjual Text Link Ads

               Pilihan monetisasi blog yang lain adalah dengan menjual link di blog Sobat. Maksudnya, yang Sobat lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Sobat. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Sobat, semakin mahal harga link yang bisa Sobat tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Sobat ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

          8. Menjual Jasa Keahlian Sobat

               Jika Sobat memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Sobat melalui blog atau situs yang Sobat miliki. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Sobat juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Sobat.

          9. Menjual Produk Sobat Sendiri

               Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Sobat memiliki keahlian tertentu yang bisa Sobat jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Sobat adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Sobat promosikan dengan memanfaatkan blog Sobat. Jika saat ini Sobat telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Sobat.

          10. Mengikuti Program Paid Review

               Cara kerjanya, kita sebagai publisher program ini Sobat diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang Sobat tulis di blog Sobat. Jika blog Sobat memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bisa jadi Sobat akan mendapatkan komisi yang lebih besar untuk satu artikel review. Saat ini Sobat bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com dan PaidReviewIndonesia.com.

          Ok, hanya ini beberapa tips untuk mendulang uang dari blog yang dapat saya sampaikan sekarang, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Sobat bisa mendulang uang sendiri dari blog atau situs yang Sobat miliki. Terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
          Wassalammualaikum wr. wb.

          Posting Komentar

          1. Untuk sementara saya masih mencoba kliksaya dan infolink serta IdBlognetwork untuk mendapatkan penghasilan dari blog serta bidvertiser. Makasih atas informasi peluang bisnis online lainnya sob... :-)

            BalasHapus
            Balasan
            1. Sama-sama, terimakasih juga atas kunjungannya gan, semoga sukses selalu gan :D

              Hapus
          2. saya masih pakai Bidvertizer tapi saya copot dulu dari blog, mau cari pengunjung dulu :D

            BalasHapus
            Balasan
            1. Saya juga pake BidVertiser gan :D
              Ternyata setelah saya coba, lebih bagus dari Chitika ya :)

              Hapus
          3. Kalo Blog ane tentang Software Software gitu gan..

            cuma dari adf.ly sma iklan banner aja deh pendapatannya,,
            blog ane bebasdownload.com

            BalasHapus
          4. Gimana sih biar blog cepet terkenal ??

            seallinfo.blogspot.com

            BalasHapus
            Balasan
            1. Ya kalo sekarang yang paling penting itu kontennya bagus, rajin update, dan tentunya SEO Friendly!

              Hapus
          5. Saya pernah nyoba bidvertiser.. Tapi kadang-kadang sering gak muncul iklannya.. Itu kenapa yah sob ?

            BalasHapus
            Balasan
            1. Nah itu masalah yang sama kayak ane, dan ane juga kagak tau kenapa :D
              Mungkin karena kondisi jaringan atau apa, tapi gak apa-apa sih kalo ane, soalnya gak terlalu sering :D

              Hapus
          6. terimakasih infonya, berguna sekali..

            BalasHapus
          7. thanks sob infonya, ane pelajarin nih
            salam kenal ya ^_^ kunbal ane sob

            BalasHapus
          8. ane yang paling suka adsense namun approve nya susah gan ..

            BalasHapus
          9. Artikel ini yang ditunggu tunggu sob, daridulu saya pengen nyari uang lewat internet, tapi masih bingung caranya. Terima kasih sudah diperjelas. Oh iya, templatenya bagus banget sob, SEO friendly banget. :)

            BalasHapus
            Balasan
            1. Ok sama-sama gan, makasih juga dah berkunjung kesini ya kawan :)

              Hapus

          Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.