Ads (728x90)

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Menggunakan DNS Speeder

DNS Speeder
Assalammualaikum wr. wb
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah tips untuk meningkatkan kecepatan internet dengan menggunakan DNS Speeder. Sebenarnya ada banyak sekali metode untuk meningkatkan kecepatan internet, namun yang umum digunakan adalah metode "caching" menggunakan server proxy (seperti squid, handy cache, dll).

Selain metode "chaching" ada cara lain yang dapat kita digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet, yakni dengan menggunakan DNS yang cepat. Kita juga dapat menggunakan metode ini bersamaan dengan metode "chaching".

Yang saya ketahui, DNS milik google (8.8.8.8.8 dan 8.8.4.4) adalah DNS yang paling cepat saat ini. Tetapi untuk masalah reliabilitasnya, DNS milik OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220) adalah yang terbaik. Selain dari kedua DNS Server tersebut, masih banyak lagi DNS Server yang beroperasi di dunia.

Dengan banyaknya DNS yang ber-operasi saat ini, kita bisa memanfaatkannya untuk mempercepat koneksi internet, caranya adalah dengan merubah-rubah DNS Server dalam IP Config di Internet Option Windows kita. Masalahnya, kita akan disibukkan oleh aktivitas mengganti DNS ini. Nah, solusinya kita dapat menggunakan software yang bisa mengganti DNS Server Windows dengan DNS Host paling responsif (cepat dalam merespon) dalam menanggapi permintaan yang masuk secara otomatis.

Salah satu software yang saya ketahui cukup bisa diandalkan dalam hal ini adalah software DNS Speeder. Software ini adalah tool yang cukup ringan dan dapat berjalan secara otomatis sesaat setelah kita menyalakan komputer kita.

Cara Kerja Software DNS Speeder

Cara kerja DNS Speeder sendiri cukup sederhana, DNS Speeder akan mempersingkat delay antara komputer Windows kita dengan DNS Server dengan menentukan DNS Server tercepat (respons time-nya) saat ini sebagai DNS Server kita, dan software ini akan mencegah komputer windows kita mencari DNS Server sendiri (yang dalam proses pencarian tersebut juga memakan waktu). Proses selanjutnya, DNS Speeder ini menyimpan informasi yang didapatkan dari DNS Server tersebut di dalam localhost (127.0.0.1) dan memberitahu Windows bahwa DNS Server-nya adadah 127.0.0.1 bukan (misalnya) 8.8.8.8 sehingga akses informasinya lebih cepat.

Fitur-Fitur Software DNS Speeder

  1. Menentukan DNS tercepat
  2. Memilih DNS tercepat yang akan dipakai secara otomatis
  3. Browsing menjadi lebih cepat karena DNS Server yang digunakan lebih responsif
  4. Tool atau Software ini ringan
  5. Pengaturan yang simpel dan mudah
  6. Support Windows XP / Windows 7 32 dan 64 bit
  7. Dan beberapa fitur bagus lainnya.

Cara Menggunakan Software DNS Speeder

  1. Setelah mendownload DNS Speeder (dnsspeeder.zip), ekstrak file tersebut
  2. Dalam folder tersebut, cari file DnsSpeeder.exe dan double click untuk menjalankannya
  3. Tambahkan DNS Server yang ingin digunakan. Kita bisa mencari daftar DNS Server di google
  4. Atur agar DNS Speeder berjalan saat startup

Link Download Software DNS Speeder

Ok, hanya ini yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan artikel "Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Menggunakan DNS Speeder" ini bermanfaat bagi Sobat blogger semua. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.