Ads (728x90)

Tips Merawat Kartu Memori yang Baik dan Benar

Kartu Memori
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan yang indah ini, saya ingin berbagi beberapa tips untuk merawat kartu memori yang baik. Seperti yang kita ketahui, kartu memori adalah salah satu bagian terpenting pada gadget, smartphone dan kamera. Oleh karena itu, kartu memori harus dirawat dan diperlakukan dengan baik agar kartu memori tersebut tetap awet dan tidak berpotensi menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Tim dari Lexar (salah satu produsen kartu memori) pun membagi tips tentang bagaimana cara merawat kartu memori agar tetap bekerja dengan baik. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari DPS, Rabu (14/11/2012):
  1. Gunakan card reader yang mumpuni

    Saat mentransfer file dari kartu memori ke komputer, banyak yang langsung menghubungkan gadget / kamera kepada komputer. Hal ini dinilai kurang efisien dan dapat menguras baterai (bagi kamera). Lexar merujuk agar kita menggunakan memory card reader, dan akan lebih baik bila memory card reader yang kita gunakan memiliki performa kencang sehingga bisa meminimalisir waktu yang dibutuhkan.
  2. Pindahkan kartu dengan aman

    Setelah kita memindahkan atau menyalin file dari kartu ke komputer, pastikan mengikuti proses yang aman sebelum mencabutnya dari card reader. Bagi pengguna Windows, gunakan opsi 'safely remove hardware' atau 'eject' bagi penggguna OSX.
  3. Perhatikan lampu indikator (untuk kamera)

    Perhatikan lampu yang ada di kamera terutama setelah memakai mode burst atau continuous shooting. Ketika mengambil banyak gambar, kamera membutuhkan waktu untuk menuliskan data ke dalam memory card. Jangan matikan kamera saat piranti Anda melakukan buffering image, karena ini bisa mengakibatkan foto yang kita ambil menjadi hilang. Hal ini juga berlaku saat mentransfer image melalui card reader. Jangan mematikan komputer atau memindahkan kartu saat lampu di card reader masih menyala.
  4. Jangan panik bila kartu memori terkena air

    Jangan panik! Demikian wanti-wanti dari Lexar saat kartu tersiram air. Biarkan saja dulu hingga kering dan setelah itu, pakai card reader untuk memindahkan foto. Saat kartu memori terkena air kartu memori tidak akan rusak, kecuali jika terkena air saat sedang teraliri arus listrik, begitupun perangkat elektronik lainnya.
  5. Update kartu memori

    Meski usia kartu memori telah mendapat peningkatan dari waktu ke waktu, namun disarankan bagi pengguna untuk tetap meng-update kartu memorinya.
  6. Format kartu memori secara teratur

    Format kartu memori secara periodik. Tentu saja, lakukan hal ini setelah memindahkan semua foto di dalamnya. Memformat kamera juga disarankan saat memakai memory card di kamera yang berbeda.
  7. Perhatikan kapasitas

    Perhatikan kapasitas kartu memori. Jangan memaksakan untuk memenuhi kartu memori Anda. Akan lebih baik juga jika memiliki kartu memori cadangan alias tidak mengandalkan satu kartu saja.
  8. Gunakan software penolong (utilities)

    Pernah tak sengaja mendelete file? Jangan khawatir sebab sudah banyak software yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan foto yang terhapus.
Nah, itu dia beberapa tips dari Lexar yang dapat saya share, mudah-mudahan tips-tips diatas bermanfaat bagi Sobat blogger semua. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.