Ads (728x90)

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Blogger
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah tutorial ringan tentang cara membuat blog di blogger. Artikel ini ditujukan bagi Sobat yang benar-benar baru mau masuk ke dunia blogging. Bagi Sobat yang sudah membuat blog tapi masih bingung mau ngapain, mending kunjungin artikel saya yang ini:

Mengenal Apa itu Blog

Sebelum masuk ke tutorial untuk membuat blog, ada baiknya jika kita mengenal dulu apa itu blog, karena gak etis kan kalo kita punya blog tapi gak tau apa itu blog. Menurut Wikipedia, blog (yang merupakan singkatan dari web log) adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Langkah-Langkah Membuat Blog di Blogger

  1. Membuat akun email
    Untuk membuat blog di blogger.com, kita diwajibkan memiliki sebuah akun email yang nantinya akan dipakai untuk keperluan verifikasi, notifikasi, dan lain-lain. Untuk akun email saya sangat sarankan untuk menggunakan layanan email milik google, yaitu Gmail.
  2. Kunjungi situs Blogger.com
  3. Klik tombol Daftar
  4. Isi Formulir Pendaftaran dengan Lengkap dan Benar, lalu klik tombol Langkah Berikutnya
  5. Pastikan nomor HP yang Sobat masukan benar
  6. Pilih opsi Pesan Teks (SMS) agar verifikasinya mudah, kemudian klik tombol Lanjutkan
  7. Masukkan kode verifikasi yang dikirim google lewat SMS, lalu klik tombol Lanjutkan
  8. Selanjutnya adalah proses pembuatan profil, agar cepat, langsung saja klik tombol Langkah Berikutnya, klik tombol Kembali ke Blogger, kemudian klik tombol Lanjutkan ke Blogger
  9. Sampai saat ini, Sobat telah memiliki sebuah akun blog. Selanjutnya adalah proses membuat blog, diawali dengan mengklik tombol Blog Baru
  10. Isi Judul dan Alamat blog sesuai dengan yang Sobat inginkan, jika daftarnya tersedia, pilih Template yang ada didaftar pilihan, kemudian langsung saja klik tombol Buat blog!
Ok, sekarang Sobat sudah resmi memiliki sebuah blog, langkah selanjutnya yang harus Sobat lakukan adalah modifikasi template agar indah dan SEO Friendly, yang pastinya posting artikel, tingkatkan pagerank blog, dan monetisasi blog (jika mau).

Nah, sampai sini dulu postingan saya kali ini, mudah-mudahan artikel tentang Cara Membuat Blog di Blogger ini bermanfaat bagi Sobat blogger semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.