Ads (728x90)

Flashdisk
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk Sobat blogger semua. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips mengenai "Cara Memformat Flashdisk yang Susah di Format Melalui Linux/LiveCD Linux" yang sebenarnya saya sendiri juga masih mempelajarinya. Flashdisk adalah barang yang sangat penting bagi kita, untuk membawa dan mentransfer data dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Bagi Sobat yang sedang mengalami masalah dengan flashdisk, khususnya kasus flashdisk terdeteksi di Windows namun tidak bisa di format. Sobat bisa menggunakan beberapa cara, namun disini saya akan share cara memformat flashdisk tersebut dengan menggunakan LiveCD Linux. Berikut langkah-langkah untuk memperbaikinya.
  1. Booting komputer menggunakan LiveCD Linux, misal Slax KillBill, Knoppix atau distro lainnya,
  2. Setelah login ke sistem, masukkan flashdisk yang bermasalah tadi ke salah satu port USB. Demi keamanan data, pastikan hanya flashdisk yang bermasalah saja yang terpasang,
  3. Pastikan flashdisk anda terdeteksi, atau setidaknya indikator led nyala,
  4. Masuk ke console,
  5. Pada console jalankan cfdisk /dev/sda1 (sesuaikan dengan flashdisk ke berapa yang terpasang),
  6. Delete atau hapus partisi pada flashdisk,
  7. Buat partisi baru dengan memilih Create New | Write,
  8. Simpan perubahan yang baru saja anda lakukan,
  9. Format flashdisk dengan cara mengetikan perintah mkfs.vfat-f32 /dev/sda1 di console.
  10. Flashdisk anda telah memiliki partisi baru, sehingga bisa digunakan kembali baik di Linux maupun di Windows.
Nah itu dia "Cara Memformat Flashdisk yang Susah di Format Melalui Linux/LiveCD Linux" yang saya ketahui. Selesai sudah postingan saya kali ini, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

.: Semoga Bermanfaat :.

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.