Ads (728x90)

Aplikasi File Management Terbaik untuk Android

Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan share list aplikasi-aplikasi File Management terbaik untuk Android. Salah satu kelebihan Android dibanding OS lain adalah kemampuannya untuk membolehkan penggunanya mengatur berbagai berkas di perangkatnya. Baik berkas yang tersimpan di penyimpanan internal, eksternal (SD card), atau bahkan data-data yang tersimpan di awan. Semua dapat Sobat atur dengan sebuah aplikasi file management. Namun, tahukan Sobat aplikasi File Management terbaik untuk perangkat Android Sobat, berikut adalah list-nya:

1. X-plore File Manager

X-plore File Manager
Aplikasi ini merupakan file management yang memiliki fitur dual pane. Dengan fitur ini, Anda dapat menyalin berkas dengan lebih mudah. Salah satu keunggulan X-plore adalah kemampuannya untuk mengatur berkas Anda yang tersimpan di Google Drive, Dropbox, SugarSync, Box.net, SkyDrive, Webdav, Yandex.disk, Dump Truck, IDrive, Ubuntu One, 4Sync, FTP server, dan lain-lain. Anda tentunya membutuhkan koneksi internet untuk melakukan hal tersebut.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah bebas iklan. Meskipun X-plore dapat Anda unduh secara gratis di Play Store, Anda tak akan terganggu dengan munculnya iklan yang mengganggu.

Namun, di balik semua keunggulan tersebut X-plore memiliki sedikit kelemahan. Bagi Anda yang menggunakan perangkat Android berlayar kecil tentu akan terganggu. Fitur dual pane yang dimiliki X-plore membuatn tampilannya menjadi kurang jelas di perangkat berlayar kecil.

2. AndroXplorer File Manager

AndroXplorer File Manager
Tampilan menjadi salah satu hal yang amat diperhatikan oleh pengembang aplikasi ini. Tampilannya amat intuitif dan kaya akan fitur menarik. Terpenting, AndroXplorer bebas dari iklan-iklan yang mengganggu.

Untuk menjelajahi aplikasi ini juga cukup simpel. Anda tinggal menyapu layar dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Untuk mengatur aplikasi yang terpasang, aplikasi ini memberikan fitur My Programs. Fitur ini menggabungkan semua aplikasi yang terpasang dalam sebuah map khusus. Dari sini, Anda dapat menghapus atau mengubah pengaturan aplikasi-aplikasi tersebut. AndroXplorer juga dapat mengatur berkas yang tersimpan di server. Tentunya dengan bantuan koneksi Wi-Fi.

Kelemahannya, fitur seperti cut, copy, dan paste tak didesain untuk Anda yang berjari cukup besar. Anda tentu akan sedikit kerepotan karena bisa saja salah pencet dan terjadi hal yang tak diinginkan.

3. ES File Explorer File Manager

ES File Explorer File Manager
Oleh sang pengembang, aplikasi ini diklaim menggabungkan kemampuan file manager, app manager, task killer, cloud storage client, FTP client, dan LAN Samba client. ES juga kompatibel dengan cloud storage terkenal semisal Dropbox, Google Drive, SkyDrive, Box.net, Sugarsync, Yandex, Amazon S3, dan Ubuntu One.

Aplikasi ini juga mampu membuka berkas .zip langsung dari perangkat Android. Tak hanya itu, ES juga mampu membuat sebuah berkas .zip yang dienkripsi (AES 256 bit), sehingga lebih aman.

ES hanya memiliki satu hal yang menjadi kelemahannya. Saat Anda melakukan pencarian berkas, ES akan bekerja sedikit lambat. Namun, hal tersebut amat tergantung dari berapa banyak berkas yang tersimpan.

4. ASTRO File / Cloud Manager

ASTRO File / Cloud Manager
ASTRO memiliki tampilan dalam yang cukup mirip dengan Explorer di Windows dan Finder di Mac. Anda juga dapat mengakses berbagai data yang tersimpan di penyimpanan awan terkenal semisal Dropbox, Google Drive, SkyDrive, dan Box.

Yang menarik, pengembangnya memberikan berbagai akses cepat untuk mengakses berbagai data di perangkat Anda. Anda tinggal menyapu layar ke kiri untuk membuka Tools (App Backup, Task Killer, SD Card Usage), Settings, dan Help. Sebaliknya, bila disapukan ke kanan, Anda dapat mengakses Data Cloud, Network Locations, atau Saved Searches secara cepat.

Kelemahan yang dimiliki hanya satu saja, tetapi sangat menyebalkan. Bila Anda terlalu banyak memencet satu pilihan, maka ASTRO secara otomatis akan menampilkan kembali tampilan awal seperti saat pertama membuka aplikasi ini.

5. AndroZip File Manager

AndroZip File Manager
Sang pengembang mengklaim telah menjadi aplikasi pertama di Android yang mampu membuka berkas .zip. Kini, Anda dapat menyalin, menempel, memindahkan, unzip/unpack, kompresi file, enkripsi berkas .zip langsung dari satu aplikasi ini.

AndroZip juga memberikan dukungan penuh untuk dekompresiberkas .zip yang dienkripsi (Standar, AFS-128 dan AES 256 bit), kompatibel dengan WinZip, Winrar, dan aplikasi sejenis di Windows.

AndroZip juga memiliki fitur lain seperti task killer dan application manager. Keduanya terntu amat membantu Anda untuk mengatur penyimpanan di perangkat Android. Aplikasi ini juga dapat diinstal ke dalam memori eksternal untuk menyimpanan memori internal.

Nah, itu dia aplikasi-aplikasi File Management terbaik untuk android, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat blogger semua. Terimakasih atas kunjungannya,  mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Posting Komentar

  1. Izin cobain ya mas, soalnya apk bawaan android saya kurang memuaskan kinerjanya.

    BalasHapus
  2. wah, keren juga nih sister artikel aplikasi androidnya. coba dulu salah satunya..

    @balas komentar: terimakasih atas kehadirannya dan komentar di blog saya..

    BalasHapus
  3. Makasih gan kunjungannya, seringng-sering kesini ya :D

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, kritik dan sarannya sangat diharapkan. Harap untuk berkomentar dengan baik dan benar! Silahkan baca dulu artikel Cara Berkomentar Yang Baik di Blog sebelum berkomentar.